Rabu, 19 Agustus 2009

Belajar Marketing Dari Abang Tukang Sate

Kebetulan sekali, baru tadi malam saya mampir di Warung makan yang menyediakan makanan kesukaan saya. Tidak sengaja waktu perjalanan pulang dari kantor ternyata ada sebuah warung yang menarik perhatian saya. Lantas saya masuk dan langsung pesan makanan faporit saya.

Tak lama berselang, pesanan datang dan tak perlu tunggu waktu lagi dan basa-basi, langsung saya santap dengan lahapnya.

Alhamdulillah, cukup lezat dan enak sekali rasanya.

Selesai makan rencanaku mau langsung beranjak meneruskan perjalanan pulang saya, tiba-tiba sang pemilik warung yang mendekati kelas kafe-kafe yang kian berjamur di saat ini itu menyapaku dengan ramahnya.

Dan dari obrolanku dengan Bang Zul tersebut, saya dapat menarik beberapa obrolan penting yang menurutku merupakan modal spirit dari seorang pedagang yang perlu saya catat dan saya ingat-ingat.

Pernah dengarkah pilosofi seperti ini :

"Pelanggan atau pembeli itu adalah Raja"

Tapi tunggu dulu, bukan itu yang dimaksud dari rahasia pedagang sate ini, ternyata ada yang lebih menarik dari itu, menurutnya pelanggan itu sebaiknya diperlakukan layaknya saudara.

Alasannya, kalau pelanggan itu layaknya seperti raja akan sulit dan perlu tatakrama khusus untuk melayaninya.

Akan tetapi kalau pelanggan itu diperlakukan seperti saudara, maka kita dapat melayaninya dengan lebih dekat lagi dan tanpa basa-basi protokol yang kadang memberiikan jarak antara penjual dan pembeli.

Wah, Mantap juga pikirku.


Ada lagi rahasia yang diberikannya pada obrolan kami yang singkat itu, yaitu tentang mempertahankan RESEP yang disajikan untuk pelanggannya.

Kadang kalau pedagang makanan yang baru buka baik disengaja maupun tidak ada pelanggan yang menyarankan sajiannya itu kurang ini, kelebihan itu dan lain-lain. Ternyaata berjualan makanan itu perlu memegang prinsip bahwa resep yang sudah bertahun-tahun disajikan untuk pelanggannya perlu dijaga dan di pelihara rasa dan penyajiannya.

Belajar marketing dari obrolan dengan Abang zul ahirnya selesai dan saya dapat ilmu baru tentang marketing.

Sebenarnya masih banyak lagi informasi yang diberikan dari bang zul, tapi untuk sementara ini saya cukupkan dulu.
Insya Allah nanti di sambung kembali.

Semoga bermanfaat.

Salam,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MAU CARI E-PAPER, KLIK SAJA LINK DI BAWAH INI

*** Republika Media Indonesia Indo Pos Koran Tempo Bali Post ***

Kompas Sinar Harapan Suara Pembaruan Suara Merdeka

Harian SIB Medan Waspada Medan Majalah Tempo

Sinar Pagi Koran Tempo Bisnis Indonesia Radar Sulteng Pos Kota

Kontan Online Jakarta News Detik Voice of America KBN Antara

Batam Post Jawa Pos Solo Pos Koran Pagi Yogyakarta

Harian Bernas

Pikiran Rakyat Bandung Kedaulatan Rakyat Yogyakarta

Duta Masyarakat Harian Surya

Bangka Pos Riau Pos Berita Sore Medan

Harian Serambi Aceh Sriwijaya Pos Palembang

Sarad Bali

Banjarmasin Post Kaltim Post Metro Banjar

harian komentar manado Timika Pos

Harian Fajar Sulawesi

Pos Kupang Harian Karebosi Makassar Solo Pos

Majalah Gatra Forum Keadilan Antara Oposisi

Review Indonesia Indonesia Business news indonesia

Indonesian Society Angkasa Magazine Online Hankam ABRI

STASIUN TV INDONESIA

MetroTV Indosiar SCTV Trans TV RCTI ANTV TPI

Global TV Liputan6

TVRI TV7 Lativi

LPSIOnline Warta Konsumen MKI Online

Properti Info Bank Info Bisnis

TIRAS TIARA Swa Online EKSEKUTIF

Chip Online Info Komputer Online

INFO Linux Intisari News Music

Mega Games Hotgame PC games & Playstation. Tabloid Motorplus

bulletin keluarga Tabloid Nakita

AyuNet Majalah Hanya Wanita Online

Bintang Indonesia majalah Popular tabloid nova majalah Hai

majalah gadis

Warta Ekonomi WartaJazz.com Sedap Sekejap

kawanku online tabloid bola

*** Yang mau cari berita tentang Islam bisa Klik di bawah ini***

Sabili Suara Muhammadiyah Hidayatullah.com Islam Liberal

Era Muslim Pesantren Virtual Ummi Group Online